BPTUHPT Padang Mengatas merupakan UPT Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan yang pemeliharaan ternaknya digembalakan di padang pengembalaan (Pastura), pastura ini dibagi menjadi beberapa petakan (pedock). Sistem pemeliharaan ternak sapi di pastura ini sudah menginspirasi pelaku usaha peternakan diseluruh Indonesia dari aceh sampai papua, baik dari UPT sejenis milik Pusat dan Daerah maupun swasta untuk mengadopsinya.

Salah satu faktor penting dalam mempertahankan kwalitas pastura adalah pemeliharaannya pasca digunakan untuk penggembalaan, termasuk pemotongan rumput dan gulma (Rotashlasher). Pemotongan ini wajib dilakukan setelah 3 (tiga) hari sapi dipindahkan ke pedock lainnya.

Untuk kelancaran pemotongan ini dan untuk menjaga peralatan dan mesin yang digunakan tidak rusak, maka terlebih dahulu dilakukan pembersihan pastura dari batu-batu dan benda padat lainnya yang mengganggu.

Dengan pembersihan ini maka proses pemotongan rumput dan gulma dapat berjalan dengan baik dan dapat menjaga kwalitas dan kwantitas rumput yang dihasilkan untuk produksi bibit ternak yang sesuai standar dan layak untuk diserifikasi. (yan)

By admin

Tinggalkan Balasan

Kontak WhatsApp : +62 821-6906-4719