BPTUHPT Padang Mengatas kembali mendapat kunjungan magang dari kelompok tani peternak. Rombongan yang datang pada hari Selasa malam 28 oktober 2014 ini berasal dari Provinsi Sulawesi Tengah Kabupaten Poso tepatnya desa Ompo. Kunjungan didampingi oleh pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Tengah. Rombongan sebanyak 16 orang ini diterima langsung oleh Kepala Balai (Ir. Sugiono, MP ) didampingi oleh Kasi dan Kasubag.

DSCN1528Adapun maksud dari kelompok peternak ini berkunjung ke BPTUHPT Padang Mengatas adalah untuk menambah wawasan mereka tentang pengelolaan usaha peternakan sapi khususnya tentang manajemen padang penggembalaan. Kelompok ini mengaku memiliki lahan yang sangat luas untuk usaha peternakan sapi, namun belum dikelola secara baik. Diharapkan  sekembalinya dari Balai ini, dapat meningkatkan  pengetahuan mereka dalam hal mengelola padang rumput, sehingga usaha peternakan mereka bisa berkembang lebih baik.

DSCN1502

Selama dua hari berada di BPTUHPT Padang Mengatas, rombongan magang ini menerima cukup banyak materi tentang manajemen pemeliharaan dan pengelolaan ternak sapi, recording, budidaya HPT sampai manajemen padang penggembalaan yang disampaikan oleh pihak BPTUHPT Padang Mengatas. Disamping itu rombongan ini juga diajak ke lapangan yaitu melihat kebun bibit HPT & leguminosa, kebun koleksi dan percobaan serta diajak berkeliling padang penggembalaan melihat langsung kondisi sapi yang ada di pastura. Pengalaman berbeda yang dirasakan oleh peserta kunjungan ini dibandingkan para peserta kunjungan sebelumnya adalah, mereka diajak berkeliling lahan BPTU dengan menaiki traktor yang biasa dijadikan sebagai alat transportasi pakan, memasuki lahan pastura yang bergelombang, naik turun seakan-akan ikut rombongan adventure. Disamping mendapat tambahan ilmu, semoga peserta magang ini kembali fresh setelah kembali dari BPTUHPT Padang Mengatas.

By admin

21 thoughts on “Kelompok Ternak Ompo Poso Menjambangi BPTUHPT Padang Mengatas”

Tinggalkan Balasan

Kontak WhatsApp : +62 821-6906-4719