PENAS (Pekan Nasional) Petani Nelayan merupakan salah satu agenda rutin yang selalu dilaksanakan setiap 3 – 4 tahun sekali.  PENAS ke  XV tahun 2017 ini diselenggarakan di Banda Aceh tanggal 06 s.d 11 Mei 2017 yang digelar oleh Kementerian Pertanian bersama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Stadion Harapan Bangsa. Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.  PENAS XV terselenggara atas koordinasi dan kerjasama antar kementerian, lembaga dan asosiasi yaitu : Kementerian Pertanian, Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN serta Kemenko bidang perekonomian, Asosiasi pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan.

PENAS XV tahun 2017 dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari sabtu tanggal 6 Mei 2017.  Diantara kegiatan yang dilaksanakan pada PENAS kali ini adalah rembug antar petani nelayan dengan menteri pertanian, pemberian penghargaan dari kelompok KTNA Nasional, temu wicara petani nelayan dengan presiden RI, Penanaman simbolis tanaman arboretum oleh Presiden RI, pameran dan gelar teknologi pertanian, expo agroforestry dan kontes peternakan nasional, expo hortikultura nasional, temu petani ASEAN dan mitra ASEAN serta lomba stand para peserta.

Keikutsertaan Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan pakan Ternak (BPTUHPT) Padang Mengatas dalam PENAS ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bibit ternak yang baik sesuai standar, tentang hijauan pakan ternak yang bagus serta cara pengolahan pakan .  BPTUHPT Padang Mengatas juga menampilkan beberapa brosur, leaflet, video kegiatan dan bahan promosi lainnya.

Leave a Reply