KOMITMEN MANAJEMEN MUTU DAN PEMERINTAHAN YANG BERSIH BPTU-HPT PADANG MENGATAS DENGAN PENERAPAN ISO 90001: 2015 DAN ISO 37001: 2016

BPTU HPT Padang Mengatas terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam menghasilkan bibit sapi potong dan hijauan pakan ternak unggul. Komitmen tersebut dilakukan secara kontinyu memperbaiki sistem dan manajemen pembibitan, peningkatan kualitas SDM serta menjalankan pemerintahan yang bersih dan transparan. Penerapan manajemen mutu yang baik dibuktikan dengan penerapan ISO 9001:2015  dan menjalankan fungsi pemerintahan yang bersih bebas dari unsur KKN dibuktikan dengan penerapan ISO 37001:2016.

Dalam rangka memperbaharui sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 37001:2016 di BPTU HPT Padang Mengatas, maka tanggal 24 – 25 November 2020 dilakukan audit eksternal oleh auditor Garuda Sertifikasi Indonesia sebagai lembaga yang memberikan sertifikasi ISO di BPTU HPT Padang Mengatas. Tim auditor dari Garuda Sertifikasi Indonesia dipimpin oleh Putu Indra Permana. Kegiatan audit diawali dengan pembukaan dan penyampaian dokumen yang dipimpin oleh Kepala Balai yang diwakili Ka Tatata Usaha Ir. Yan Hendri, M.Si, dihadiri kepala Seksi Pelayanan Teknis Drh. Darwis, M.Pt, Kepala Sesksi Sarana Prasarana Jumadi, SP dan Kepala Seksi Informasi dan Jasa Pelayanan Produksi Drh. Indahwati, MP  serta dihadiri tim ISO BPTU HPT Padang menagatas.

Pelaksanaan audit dilanjutkan dengan audit kesesuaian ke berbagai unit diantaranya unit ketatausahaan dan kepegawaian, unit pelayanan teknis, unit sarana dan prasarana dan unit informasi jasa dan pelayanan produksi.  Pelaksanaan audit oleh tim Garuda Sertifikasi Indonesia didampingi oleh tim kepatuhan BPTU HPT Padang Mengatas diwakili  Dr. Hary Suhada, S.Pt, M.Sc. Audit berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan temuan mayor. Temuan yang menjadi rekomendasi hanya dua temuan minor dan dua temuan observasi.

ISO 9001 tahun 2015 merupakan penerapan untuk sistem manajemen mutu dalam upaya memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui perbaikan mutu dan pelayanan. Sedangkan ISO 37001 tahun 2015 merupakan sistem manajemen anti penyuapan, pengendalian anti penyuapan ini dalam rangka untuk menciptakan penyelengaraan instansi pemerintah yang bersih dari praktek-praktek korupsi.

Diharapkan dengan penerapan kedua ISO tersebut dapat dipahami oleh seluruh SDM di BPTU HPT Padang Mengatas sehingga dapat memberikan pelayan yang terbaik terhadap masyarakat terutama para peternak. Selanjutnya akan dapat mejadi budaya kerja yang baik bagi seluruh pegawai mulai dari pimpinan samapai tenaga bawahan mewujudkan kepuasan pelanggan dan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih anti pungli dan penyuapan. (AL)

Leave a Reply