BPTUHPT Padang Mengatas Distribusikan Calon BULL Ke BIB LEMBANG DAN BIBD Sumatera Utara

Payakumbuh, Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijuan Pakan Ternak (BPTU HPT) Padang Mengatas pada tanggal 28 Desember 2020 mendistribusikan bibit sapi jantan untuk calon bull (pejantan) ke Balai Inseminasi Buatan Lembang di Jawa Barat dan Balai Inseminasi Buatan Daerah Sumatera Utara. Bibit yang didstribusikan sebagai calon bull tersebut sudah melewati proses seleksi secara bertahap sehingga didapatkan anak-anak sapi muda yang memenuhi standar untuk jadikan bull di balai inseminasi buatan.

Bibit sapi yang didistribusikan ke BIB Lembang sebanyak 10 ekor jenis Simental dan Limosin serta 4 ekor sapi bibit belgian blue dengan mekanisme hibah, sedangkan untuk BIBD Sumatera Utara sebanyak 5 ekor jenis Limosin dan Simental.

Bibit sapi tersebut akan dijadikan bull di BIB Lembang dan BIBD Sumatera Uatra yang selanjutnya akan diambil semennya untuk dijadikan semen beku dalam hal pelayanan Inseminasi Buatan.

BPTU HPT Padang Mengatas dikhususkan untuk memproduksi bibit sapi potong eksotik yaitu jenis sapi Simental, Limosin dan Belgian Blue serta memproduksi bibit dan pemurnian plasma lokal yaitu sapi pesisir yang merupakan sapi asli Sumatera Barat serta juga memproduksi bibit hijauan pakan ternak. Produksi bibit sapi potong tersebut didistribusikan untuk mensupplai kebutuhan bibit di Balai Inseminasi Buatan milik pusat dan daerah serta mensupplai kebutuhan bibit sapi untuk para peternak.

Dalam upaya menjamin mutu bibit ternak yang dihasilkan, BPTU HPT Padang Mengatas berupaya untuk memenuhi standar SNI bibit sapi potong Limosin, Simental dan Pesisir melalui peningkatan manajemen breeding yang baik, penanggulangan penyakit, perbaikan mutu pakan dan peningkatan manajemen pencatatan. (AL)

Leave a Reply